SlideShow

Jumat, 09 Desember 2011

Komputer


Definisi Komputer


 Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) di ambil dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung. Kesimpulannya, komputer bisa dikatakan sebagai sebuah alat untuk mengola informasi berdasarkan aturan atau prosedur yang sudah di tentukan.
Selama berabad-abad manusia berusaha mencipatakan sebuah alat bantu yang dapat mempermudah dalam mengolah data informasi. Mesin komputer perama di ciptakan oleh Blaise Pascal pada tahun 1642 yang di kenal sebagai Pascaline. Alat ini hanya mampu menghitung bilangan berbasis sepuluh dan terbatas pada operasi penjumlahan saja.

Awal komputer yang sebenarnya dimulai oleh seorang profesor matematika Inggris bernama Charles Babbage. Charles menciptakan sebuah mesin yang mampu melakukan perhitungan persamaan differensil pada tahun 1822. Mesin tersebut dinamakan mesin differensial. Sistem komputer terdiri dari beberapa elemen yang saling mendukung, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), perangkat computer (brainware).
Hardware, software, dan brainware salin bekerja sama membentuk system, dengan kata lain komputer tidak bisa beroperasi jika salah satu dari ke-3 elemen tersebut tidak dipenuhi. Sebagai gambaran, beberapa hardware tidak bisa di manfaatkan tanpa bantuan software. Software dan hardware juga membutuhkan manusia (brainware) untuk berfungsi.

Jenis-jenis Komputer 
Sejalan dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, bentuk dan jenis-jenis computer menjadi beragam guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang kompleks terhadap teknologi komputerisasi di dalam berbagai bidang kehidupan. 
Bentuk dan jenis komputer di sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi komputer di kehidupan sehari-hari.
            Jenis-jenis komputer di bagi dalam beberapa kategori , antara lain :
·      Komputer analog                                        
·      Komputer pulsa
·      Mikrokomputer
·      Superkomputer
·      Minikomputer
·      Komputer kerangka utama (Main Frame Komputer)
Jenis komputer yang paling banyak di pakai oleh masyarakat umum adalah mikrokomputer. Mikrokomputer di bagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain :
·      Komputer rumah (home computer)
·      Komputer pribadi (personal computer / PC)
·      Server
Berdasarkan ke-3 jenis mikrokomputer di atas, terdapat beberapa istilah computer yang disesuaikan dengan bentuk dan ukuran komponen perangkat keras yang digunakan.
·      Dekstop
Adalah istilah untuk komputer rumah atau pribadi yang selalu di letakkan di atas meja kerja.
·      Laptop
Adalah istilah untuk komputer yang dapat dijinjing atau dibawa kemana-mana (portable). komputer jenis ini memiliki bentuk yang lebih ramping karena memiliki komponen hardware yang berukuran lebih minim.
  
Struktur dan Fungsi Komputer
            Struktur komputer di definisikan berdasarkan cara kerja dari masing-masing komponen yang saling berkaitan.
            Struktur komputer pada umumnya terdiri dari :
·      Perangkat masukan (Input Device)
·      Perangkat keluaran (Output Device)
·      I / O Ports
·      Perangkat Proses Utama ( CPU)
·      Memori
·      Data Bus
·      Address Bus
·      Control Bus

Fungsi komponen-komponen komputer
Fungsi komputer di definisikan sebagai kegunaan dari masing-masing komponen sebagai bahan dari struktur computer.
Berikut ini fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur komputer adalah sebagai berikut :
·      Input Device
Berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam computer. Contoh : keyboard, mouse, scanner, mic, dll.
·      Output Device
Berfungsi sebagai alat untuk menampilkan keluaran sebagai ahsil pengolahan data. Contoh : printer, monitor, speaker, dll.
·      I / O Ports
Berfungsi sebagai jalur penghubung antara Input Device dan Output Device dengan system. Contoh : Com Port, LPT port, USB Port, dll.
·      CPU (Central Processing Unit)
Merupakan otak dari system computer, yaitu prosesor .
·      Memori
Memori di bagi menjadi 2, yaitu RAM (Random Acces Memory) dan ROM (Read Only Memory). RAM berfungsi untuk menyimpan informasi yang di olah oleh system untuk sementara waktu. ROM adalah memori yang hanya bisa dibaca dan berfungsi sebagai penyedia informasi.
·      Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam system computer yang bersifat 2 arah (Bidirectional). Data Bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32 atau 64 jalur pararel.
·      Address Bus
Berfungsi sebagai alamat lokasi pada sumber ataupun tujuan di kirim oleh CPU saat proses perpindahan data.
·      Control Bus
Berfungsi sebagai pengatur layanan serta akses ke data Bus dan Address Bus.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews